Wednesday, October 29, 2008

Operating Sisstem

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.


Open Source:

  1. PINUX adalah free open source software yang di kembangkan oleh WARNET POINTER di Bandung sejak May 2005.
  2. ReactOS adalah project yang dikembangkan oleh komunitas free software dan opensource yang binarynya (eksecutable filenya) dan driver compatible (sesuai) dengan Microsoftwindows 2000/XP.
  3. Haiku atau yang juga dikenal dengan nama nama Open BeOS adalah sistem operasiyang dibuat berdasarkan BeOS.BeOS adalah sistem operasi yang memiliki arsitektur kuat yangdibuat oleh Be Inc,berbeda dengan sistem operasi lainnya yang dibuat berdasarkan hardwareyang ada pada saat itu BeOs dibuat untuk bekerja pada Hardware modern (BeBOX) sehinggaBeOS tidak terlalu dikenal
  4. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
  5. Minix adalah sebuah sistem operasi keturunan UNIX yang bersifat open-source, yang dibuat berdasarkan arsitektur microkernel

proprietary(Lawan Dari Open source):

  1. sistem operasi Windows 3.0,
  2. Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X
  3. Windows 95
  4. Windows 98 (Windows 9.X),
  5. Windows 2000 dan saat ini
  6. Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium)

0 comments:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs